- Judul yang sesuai untuk PTK:
- Upaya peningkatan Y melalui X bagi siswa
- kelas…SD/SMP/…pada semester… tahun…
- Peningkatan Y melalui X bagi ….
- Optimalisasi Y melalui X bagi…
- Penggunaan X untuk meningkatkan Y bagi..
- Meningkatkan Y melalui X bagi ….
- Melalui X untuk meningkatkan Y bagi ….
A. PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
- Kondisi yang diidealkan
- Masalah yang dihadapi dan indikatornya
- Penyebab munculnya masalah
- Solusi yang ditawarkan peneliti: konsep solusi dan rasionalnya
2. Rumusan masalah
Rumusan masalah berbentuk pertanyaan:
- Apakah solusi yang diusulkan peneliti dapat memecahkan masalah? Bila dapat, seefektif apa solusi tersebut?
- Bagaimana keefektifan pembelajaran/ motivasi belajar siswa, dll ketika solusi masalah tersebut diterapkan?
- Apa kelebihan dan kelemahan solusi tersebut bila diterapkan di dalam setting?
Tujuan umum: memecahkan masalah yang terjadi di dalam setting.
Tujuan khusus: menjawab pertanyaan yang dikemukakan dalam rumusan masalah.
*) Tujuan penelitian diekspresikan dalam bentuk kalimat deklaratif.
4. Manfaat
Bagian ini berisi deskripsi tentang manfaat yang dapat dipetik setelah PTK selesai dilaksanakan.
Ada baiknya manfaat tersebut dirinci untuk pihak-pihak tertentu yang terkait dengan dilaksanakannya
PTK, seperti untuk (1) guru, (2) siswa, (3) sekolah, (4) peneliti lain, dan (5) pengambil kebijakan.
Bagian ini mengemukakan deskripsi teoretis konsep-konsep kunci yang terdapat dalam judul/rumusan
masalah penelitian. Prosedurnya adalah: (1) memilih sumber-sumber teori yang relevan, (2) mendeskripsikan masing-masing teori terpilih, (3) melakukan analisis kritis terhadap masing-masing teori, (4) melakukan analisis komparatif berdasarkan hasil analisis kritis, (5) mengembangkan konstruk: memilih salah satu teori atau membuat sintesis dari berbagai teori.
Hipotesis tindakan berupa pernyataan bahwa solusi yang ditawarkan benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
C. METODOLOGI PENELITIAN
1. Rancangan Penelitian
a. Setting penelitian (subyek dan lokasi)
Setting penelitianmenjelaskan:
- Tempat penelitian, yang berisi(1) nama kelas, (2) nama sekolah, (3)alamat sekolah, (4) deskripsi geografis sekolah dan lingkungannya, dan (5) deskripsi reputasi sekolah
- Waktu penelitian, yang berisi uraian kegiatan penelitian dan waktu pelaksanaannya (dalam bentuk matriks)
- *) Deskripsi setting penelitian menjadi “konteks” simpulan penelitian
b. Rencana tindakan
c. Skenario tindakan
d. Alat
e. Personal, dll
2. Data dan cara pengumpulannya
3. Analisis dan refleksi
ANGGARAN
DAFTAR PUSTAKA