Contoh RRP IPA Berkarakter Model PAIKEM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pokok Bahasan : Perubahan Materi dan Reaksi Kimia

SEKOLAH : SMP Negeri 2 KIARAPEDES
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KELAS/SEMESTER : VII (Tujuh) / I (Satu)
ALOKASI WAKTU : 1 jam pembelajaran (1 x 40 menit)



STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami berbagai sifat zat dalam perubahan fisika dan kimia.

KOMPETENSI DASAR :
4.3. Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan

A. Indikator
   1. Membandingkan hasil pengamatan pada perubahan fisika dan perubahan kimia.
  2. Mengklasifikasikan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta  mengkomunikasikannya.

B. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
   1. Menjelaskan pengertian perubahan fisika.
   2. Menjelaskan pengertian perubahan kimia.
   3. Menyebutkan contoh yang termasuk perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
   4. Menyebutkan contoh yang termasuk perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
   5. Melakukan percobaan dengan dengan teliti.
   6. Bekerja sama dalam diskusi kelompok.


C. Karakter Siswa yang Diharapkan
    1. Disiplin ( Discipline )
    2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
    3. Tekun ( diligence )
    4. Tanggung jawab ( responsibility )
    5. Ketelitian ( carefulness)

D. Materi Pembelajaran
    - Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia (Terlampir)

E. Metode dan Model Pembelajaran
    - Metode : diskusi, dan informasi.
    - Model : cooperative learning (model NHT)

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
    - Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.
    - Guru memeriksa kehadiran siswa.
    - Siswa digali apersepsinya :
    Apakah yang dimaksud dengan zat?
    - Siswa diberi motivasi dan digali konsepsi awalnya :
      Mengapa kertas yang dibakar menjadi abu dan abu tersebut tidak bisa kembali menjadi kertas?

2. Kegiatan Inti
   a. Eksplorasi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota kelompok masing-masing 4 orang,    kemudian menentukan nomor setiap siswa dalam kelompoknya masing-masing.

  • Guru memberikan Alat percobaan dan LKS kepada tiap kelompok.

  • Tiap kelompok melakukan percobaan sederhana tentang perubahan fisika dan kimia secara jujur dan mandiri sesuai prosedur di LKS.

b. Elaborasi
  • Setiap siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan nomor LKS sesuai dengan nomor dirinya.

  •  Setiap kelompok mendiskusikan hasil jawaban yang telah dijawab oleh masing-masing anggotanya dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengetahui jawabannya.

  • Guru menunjuk siswa secara acak dan bergantian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada LKS, dan nomor siswa yang dipanggil tersebut melaporkan hasil kerjasama mereka.

  • Guru memberikan kesempatan kepada anggota kelompok yang lain untuk memberikan tanggapan, kemudian guru memanggil nomor yang lain.

  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang anggotanya bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.


c. Konfirmasi
  •     Guru memberikan penguatan materi.

  •     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pertanyaan apabila belum merasa puas terhadap materi yang diajarkan.

3. Penutup
  •     Guru memberikan tes tertulis kepada siswa.

  •     Guru menyampaikan materi pelajaran untuk pertemuan berikutnya.

  •     Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.


G. Evaluasi
  1. Tes Tertulis (terlampir)

  2. Lembar Kerja Siswa (terlampir)


H. Penilaian
  • Terlampir


I. Sumber Belajar dan Alat Pembelajaran
  • Sumber Belajar : Buku Paket IPA Kelas VII (BSE)

  • Alat : Batang korek api, lilin, kertas, sumber api


Previous
Next Post »