RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pokok Bahasan : Perubahan Materi dan Reaksi Kimia
SEKOLAH : SMP Negeri 2 KIARAPEDES
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KELAS/SEMESTER : VII (Tujuh) / I (Satu)
ALOKASI WAKTU : 1 jam pembelajaran (1 x 40 menit)
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami berbagai sifat zat dalam perubahan fisika dan kimia.
KOMPETENSI DASAR :
4.3. Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan
A. Indikator
1. Membandingkan hasil pengamatan pada perubahan fisika dan perubahan kimia.
2. Mengklasifikasikan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta mengkomunikasikannya.
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian perubahan fisika.
2. Menjelaskan pengertian perubahan kimia.
3. Menyebutkan contoh yang termasuk perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan contoh yang termasuk perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
5. Melakukan percobaan dengan dengan teliti.
6. Bekerja sama dalam diskusi kelompok.
C. Karakter Siswa yang Diharapkan
1. Disiplin ( Discipline )
2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3. Tekun ( diligence )
4. Tanggung jawab ( responsibility )
5. Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Pembelajaran
- Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia (Terlampir)
E. Metode dan Model Pembelajaran
- Metode : diskusi, dan informasi.
- Model : cooperative learning (model NHT)
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
- Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.
- Guru memeriksa kehadiran siswa.
- Siswa digali apersepsinya :
Apakah yang dimaksud dengan zat?
- Siswa diberi motivasi dan digali konsepsi awalnya :
Mengapa kertas yang dibakar menjadi abu dan abu tersebut tidak bisa kembali menjadi kertas?
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota kelompok masing-masing 4 orang, kemudian menentukan nomor setiap siswa dalam kelompoknya masing-masing.
- Guru memberikan Alat percobaan dan LKS kepada tiap kelompok.
- Tiap kelompok melakukan percobaan sederhana tentang perubahan fisika dan kimia secara jujur dan mandiri sesuai prosedur di LKS.
- Setiap siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan nomor LKS sesuai dengan nomor dirinya.
- Setiap kelompok mendiskusikan hasil jawaban yang telah dijawab oleh masing-masing anggotanya dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengetahui jawabannya.
- Guru menunjuk siswa secara acak dan bergantian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada LKS, dan nomor siswa yang dipanggil tersebut melaporkan hasil kerjasama mereka.
- Guru memberikan kesempatan kepada anggota kelompok yang lain untuk memberikan tanggapan, kemudian guru memanggil nomor yang lain.
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang anggotanya bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.
c. Konfirmasi
- Guru memberikan penguatan materi.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pertanyaan apabila belum merasa puas terhadap materi yang diajarkan.
- Guru memberikan tes tertulis kepada siswa.
- Guru menyampaikan materi pelajaran untuk pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
G. Evaluasi
- Tes Tertulis (terlampir)
- Lembar Kerja Siswa (terlampir)
H. Penilaian
- Terlampir
I. Sumber Belajar dan Alat Pembelajaran
- Sumber Belajar : Buku Paket IPA Kelas VII (BSE)
- Alat : Batang korek api, lilin, kertas, sumber api